• restoran steak jakarta

Tips Memilih Wajan Panggang Untuk Berbagai Jenis Masakan

Tips Memilih Wajan Panggang Untuk Berbagai Jenis Masakan

Hai, Foodies? Masak Apa Hari ini? Mimin penasaran nih, makanan favorit keluarga sobat foodies dirumah apa ya? Tulis jawabannya di kolom komentar ya. Siapa tau kita bisa saling tukar resep gitu.

Well, pada sepakat nggak kalau jenis masakan yang dipanggang masih menjadi favoret kebanyakan orang karena dianggap jauh lebih sehat? Ikan bakar, sate, hingga steak menjadi contoh makanan yang paling digemari. Jelas, penggunaan wajan panggang atau grill pan pun semakin diminati.

Foodies dirumah pasti pernah dong ya mengalami kegalauan memilih jenis wajan panggang seperti apa yang cocok untuk disimpan di dapur kalian. Nah, mimin mengerti banget kegalauan tersebut. Mimin udah siapin nih sejumlah tips memilih wajan panggang atau grill pan yang dijamin bakal bermanfaat untuk semua jenis masakan. Mau tau? Yuk mari.

Apa sih Fungsinya Grill Pan?

Eh sebelum ke tips memilih, sobat Foodies harus tau jika wajan panggang atau Grill pan bisa membuat masakah matang jauh lebih cepat. Sifatnya yang anti lengket membuat makanan sejenis steak dan ikan bakar bisa memiliki permukaan yang renyang dengan bagian dalam yang matang sempurna.

Jelas, grill pan memiliki fungsi yang hampir sama dengan microwave dan oven dengan harga yang relatif lebih murah. Dia bisa dipakai di atas kompor api, kompor induksi bahkan masuk ke microwave atau oven juga bisa. Grill pan kekinian bahkan juga bisa loh digunakan untuk mengukus dan merebus.

Tips Memilih Grill Pan, Dijamin Bermanfaat

#1 Pilih Bentuk Yang Sesuai dengan Kebutuhan

Yup! Langkah pertama memilih wajan panggang sudah tentu terkait bentuk yang sesuai dengan kebutuhan kita di dapur. Terdapat sejumlah pilihan, berikut diantaranya:

  • Bentuk persegi, ukuran kecil, cocok untuk steak atau ikan

Jika kalian suka banget masak steak dirumah, wajan panggang berbentuk persegi dengan ukuran kecil tanpa gagang sepertinya sudah cukup baik.

  • Bentuk persegi, ada gagang, cocok untuk masak apa aja

Bentuk kedua yang jauh lebih fleksibel untuk semua jenis masakan adalah bentuk persegi, dilengkapi dengan gagang. Untuk ukuran, kembali ke kebutuhan kalian masing-masing ya foodies.

  • Bentuk Lingkaran, Ukuran besar, cocok untuk masak olahan pesta

Wajan panggang dengan bentuk bulat cinderung mempunyai permukaan yang rata. Wajan jenis ini biasanya berukuran cukup besar sehingga cocok untuk memasak untuk sajian pesta. Bahkan cocok juga untuk menyajikan olahan masakan langsung sehingga panasnya bisa tetap awet.

#2 Perhatikan Material Pembuatnya

Setelah menentukan ukuran yang sesuai kebutuhan, sobat foodies juga perlu tahu material pembuatnya. Secara umum, wajan panggang akan terbuat dari material besi, besi cor hingga keramik.

Untuk material besi, wajan jenis ini akan mampu menghantarkan panas tinggi dengan baik pada masakan. Jenis ini akan sangat cocok untuk daging. Kemudian, material besi cor mempunyai kandungan karbon lebih banyak ketimbang besi sehingga mampu memberikan efek inframerah. Efeknya, makanan pun akan jauh lebih matang sempurna hingga ke bagian terdalam. Sama seperti besi, wajan jenis ini juga cocok untuk mengolah daging terutama untuk steak.

Nah, jika sobat foodies ingin hasil masakan yang lebih empuk, kalian bisa memilih wajab berbahan dasar keramik. Wajan jenis ini mampu mempertahankan kadar air dengan baik sehingga akan sangat cocok untuk memasak ikan dan sayuran.

#3 Pilih Yang Sudah Ada Penutupnya

Tips ketiga yang juga tidak kalah pentingnya adalah dengan memilih wajan panggang yang sudah dilengkapi dengan penutup. Tujuan tutup ini adalah agar kadar air dalam masakan tidak menguap ke udara. Akan sangat bermanfaat ketika mengukus, merebus, hingga menanak.

Nah, jika kalian memakai kompor induksi listrik, penutup berbahan kaca akan lebih cocok dipilih sementara penutup keramik akan cocok untuk grill pan yang digunakan dalam oven atau microwave. Untuk jenis kompor api, kalian bebas memilih pentup wajannya.

#4 Pilih yang Mudah Dibersihkan

Eh, mimin udah pernah bahas, jika salah satu tips memanggang steak sempurna adalah dengan membersihkan wajan dengan sempurna. Untuk itu, penting banget bagi sobat foodies semua untuk memilih wajan panggang dengan material yang mudah dibersihkan.

Sobat bisa memilih wajan yang sudah dilapisi fosfor. Wajan dengan lapisan ini selain lebih mudah dirawat juga memudahkan kalian ketika memasak karena anti gosong dan masakan akan jauh lebih sehat karena kalian tidak perlu banyak menggunakan minyak.

Barapi Meat and Grill Restoran Menjamin Kebersihan dan Kualitas Alat Memasak

Steak Lovers di rumah tidak perlu khawatir karena Barapi Meat and Grill Restoran menjamin 100 persen kebersihan dan kualitas alat memasak di dapur Barapi. Dengan kualitas alat super premium, hidangan steak yang tersaji pun sudah pasti terjamin kelezatannya.

Restoran Steak Jakarta ini menyajikan berbagai olahan steak enak dan steak premium dengan kualitas bahan baku yang terjamin kualitasnya. Diolah oleh ahli-ahli di bidangnya dengan standar kebersihan dan kehalalan yang terjamin, membuat restoran steak ini digemari dan menjadi salah satu rekomendasi restoran steak di Jakarta.

Tidak cukup sampai disitu, Barapi Meat & Grill juga menyajikan steak murah dengan kualitas bintang lima. Makanya, restoran ini pun kerap menjadi tujuan nongkrong berbagai kalangan usia karena harganya yang ramah kantong pelajar dan mahasiswa.

Mau makan enak tanpa bingung harga mahal? Ya Barapi aja, udah jelas enaknya, udah jelas kualitasnya!

 

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari my-best.id


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.