• restoran steak jakarta

Semakin Dekat Dengan Daging Wagyu: Sejarah Daging Asal Jepang Berharga Fantastis

Semakin Dekat Dengan Daging Wagyu: Sejarah Daging Asal Jepang Berharga Fantastis

Steak Lovers pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya daging wagyu. Daging steak dengan deretan steak mahal ini memang selalu dibandrol dengan kisaran harga sekitar 100 ribu bahkan lebih. Meski berharga fantastis, hampir seluruh restoran steak di Indonesia menyajikan menu ini sebagai menu steak premium.

Nah, pada kesempatan kali ini, mimin mau membahas lebih dalam terkait daging wagyu yang masuk dalam kategori steak premium ini. Apakah sobat steak lovers sudah pernah mencoba varian steak ini? Jika belum, jangan khawatir, nanti di akhir pembahasan, mimin juga bakal kasih rekomendasi restoran steak murah yang juga menyediakan varian wagyu steak premium dengan harga yang cukup ekonomis.

Apa sih Daging Steak Wagyu itu?

Fyi, daging wagyu sejatinya merupakan daging berkualitas tinggi yang berasal dan diproduksi di Asia, lebih tepatnya di Negara Jepang. Nama Wagyu sendiri merupakan bahasa jepang yang berarti Daging Sapi Jepang.

Meski secara umum Wagyu berarti daging sapi Jepang, namun tidak semua jenis sapi di Jepang termasuk wagyu yang kini terjual bebas di Restoran Steak Indonesia. Daging Wagyu dihasilkan oleh hanya 4 jenis sapi yang hanya lahir dan berkembang biak di Negeri Sakura.

4 Jenis Sapi yang menghasilkan daging Wagyu adalah Japanese Black, Japanese Polled, Japanese Brown dan Japanese Shortorn yang merupakan campuran dari keempat jenis sapi tersebut.

Hingga saat ini, jenis sapi yang paling umum dikembang biakkan untuk menghasilkan daging steak wahyu adalah jenis Japanese Breed atau dalam bahasa Jepang disebut dengan kuroge wagyu.

Usut punya usut, sapi yang menghasilkan daging wagyu hukumnya wajib lahir dan dibesarkan di Jepang. Untuk alasan keaslian dan keamanan, sapi-sapi ini harus terdaftar dalam sistem pelacakan resmi otoritas setempat yang hanya bisa diakses oleh industry dan publik secara bebas.

Yuk, Kenal Dekat dengan Sejarah Wagyu

Kita sudah mengenal secara umum daging wagyu dan jenis sapi yang secara khusus memproduksi daging steak premium tersebut. Selanjutnya, mimin pengen sedikit sharing nih terkait sejarah daging wagyu yang kini juga semakin populer di Indonesia kendati harga yang muahal.

Meski kini dikenal sebagai makanan khas Jepang, namun secara kultur agama dan budaya, orang-orang Jepang jaman dahulu tidak selalu identik dengan daging sapi loh. Wagyu baru muncul di sekitar abad 20-an melalui perkembangbiakan sapi lokal Jepang dengan ternak sapi berkualitas tinggi asal Eropa. Hebatnya, perkembangbiakan kedua jenis mamalia ini mampu menghasilkan daging sapi yang lembut dan guratan marbling yang sangat baik.

Seiring berjalannya waktu, Jepang sudah mulai maju dan mencabut pelarangan impor daging sapi di tahun 90-an. Sadar jika potensi daging sapinya akan menghasilkan cuan yang lumayan fantastis, para peternak sapi di Jepang fokus pada teknik dan kualitas serta menciptakan budaya daging wagyu yang mewah dengan kualitas super baik seperti yang bisa kita nikmati saat ini.

Untuk dapat fokus beternak dengan baik dan mengolah daging kualitas super, para peternak sapi Jepang bahkan harus mundur satu langkah dan secara berani membedakan diri mereka dengan kompetitor internasional yang pada saat itu menjual daging murah dengan kualitas yang rendah.

Mengembang Biakkan Sapi Penghasil Daging Wagyu Harus Dengan Teknik Khusus

Tak ayal jika harga steak wagyu memang mahal, karena para peternak pun harus dibekali skill khusus untuk mengembang biakkan sapi Jepang penghasil daging wagyu. Makanan mereka pun tidak sembarangan karena harus yang penuh nutrisi dan berkualitas tinggi.

Misalnya nih, rumput laut dengan omega 3, jerami yang sudah dipotong dengan alat khusus sehingga para sapi dapat dengan mudah mengunyahnya. Wah, benar-benar sapi sultan ya sobat steak lovers.

Para sapi ini juga harus dibesarkan di lingkungan yang bebas dari stress. Para peternak bahkan sudah terbiasa menyisir bulu-bulu sapi penghasil daging wagyu agar meningkatkan mood mereka. Segala komponen dan teknik ini wajib dijalankan demi menghasilkan cita rasa daging wagyu yang super premium dengan marbling yang sempurna.

Rekomendasi Restoran Steak Jakarta dengan Menu Steak Wagyu

Well, untuk menikmati steak wagyu berkualitas tinggi, steak lovers tidak perlu jauh-jauh ke Jepang kok. Ke Barapi Meat and Grill Restoran juga ada kok. Yup, restoran steak Jakarta ini menyediakan steak premium dengan kualitas bintang lima. Kalian bisa kunjungi lokasinya di Kota Tangerang, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

Barapi Meat and Grill merupakan restoran steak enak dengan varian menu steak yang beragam. Khusus untuk steak wagyu, kalian bisa dapatkan menu ini dengan harga yang cukup terjangkau, yakni hanya dengan 130 ribu rupiah. Harga ini merupakan spesial harga promo Barapi dari harga normal yang mencapai angka 170 ribu rupiah.

Dengan harga tersebut, steak lovers sudah bisa menikmati 200 gram daging steak wagyu dengan potongan striploin cut, French fries, spagethi dengan Bolognese meat sauce, sauted mix vegetables dan sjeumlah pilihan saus seperti blackpepper, BBG dan mushroom sauce.

Makan steak premium yang enak dan murah? Ya di Barapi!

 

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari Kompas.com


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.