• restoran steak jakarta

Yuk Kenali 5 Tingkat Kematangan Steak, Kamu Tim yang Mana?

Yuk Kenali 5 Tingkat Kematangan Steak, Kamu Tim yang Mana?

Heyo, Steak Lovers! Sudah makan steak enak hari ini? Harusnya sudah ya. Guys, tau nggak, meskipun kita sering mengkonsumsi steak baik dirumah maupun di restoran steak, gak banyak dari kita yang tau loh tentang tingkat kematangannya. Nah kali ini, kita bakal share informasi seputar 5 tingkat kematangan steak yang biasa kita konsumsi. Setelah tau informasi lengkapnya, absen ya di kolom komentar, kira-kira kalian tim yang mana nih?

Yuk Kenali 5 Tingkat Kematangan Steak, Kamu Tim yang Mana?

5 Tingkat Kematangan Steak

#1 Rare, Western Favorite

Tingkat kematangan steak pertama yang juga paling rendah ini disebut dengan rare. Seperti namanya, daging steak dengan tingkat kematangan ini disajikan dengan kematangan hanya diluarnya saja, sementara bagian dalamnya masih mentah sehingga masih menunjukkan warna kemerah-merahan khas daging segar.

Untuk menikmati steak premium dengan tingkat kematangan ini, kalian bisa memasak daging dalam suhu sekitar 48 hingga 50 derajat celcius. Fyi, tingkat kematangan rare masih jarang diminati kebanyakan orang-orang Indo loh. Tapi, steak dengan tingkat kematangan rare sangat populer di western, alias bule-bule suka banget sama steak jenis ini karena dianggap dagingnya lebih lembut dan juicy. Kalo kalian gimana?

#2 Medium Rare, A twin of rare, but it’s not rare

Yang kedua yang juga masih jadi favorit para bule nih, steak dengan tingkat kematangan medium rare. Tingkatan ini serupa dengan rare dengan kematangan di bagian luar daging sementara bagian dalamnya masih sedikit mentah alias masih ada sejumlah bagian yang mentah dan ada beberapa yang sudah matang.

 Jika dilihat presentase nya, tingkat kematangan daging dalamnya sekitar 40% sementara 60% lainnya masih merah atau mentah. Untuk mendapatkan steak dengan kematangan medium rare, kalian harus memasak daging dengan suhu 50 sampai 60 derajat celcius. Kalian mending rare atau mediumnya nih?

#3 Medium, the Most Favorite in the World

Well, kita sampai di tingkat kematangan steak yang masih menjadi primadona pecinta steak hampir di seluruh dunia. Yup! Tingkat kematangan steak medium masih menjadi standar kelezatan daging steak hampir di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri, tingkat kematangan ini masih menjadi favorit para pecinta steak, termasuk mimin, hehe.

Nah, untuk mendapatkan daging steak dengan kematangan medium, kalian harus memasak daging dengan temperature bersuhu 60 sampai 55 derajat celcius. Tapi jangan kaget, daging dengan kematangan ini teksturnya akan sedikit alot dan tidak se-juicy steak rare maupun medium rare.

#4 Medium Well, Indonesian most Love

Tingkat kematangan steak keempat adalah medium well. Usut punya usut, tingkat kematangan ini paling mudah diterima oleh lidah orang Indonesia loh. Daging dengan medium well memiliki kematangan yang hampir utuh namun masih bersisa sekitar 20 persen daging yang masih merah.

Tektur daging yang nyaris matang sempurna membuat daging tidak lagi terasa juicy, namun masih sedikit sekali tekstur juicy yang akan kita rasakan. Nah, untuk mendapatkan daging dengan tingkat kematangan ini, kalian bisa memasak daging steak dalam suhu 65 hingga 69 derajat celcius.

#5 Well Done, The perfect brown meat

Yeay! Kita sampai di akhir tingkat kematangan daging nih. Apalagi kalau bukan daging dengan tingkat kematangan “Matang Sempurna” atau well done. Jika kalian memesan steak dengan tingkat kematangan ini, maka kalian benar-benar tidak akan menemukan warna merah daging ataupun lemak-lemak yang membuat tekstur daging menjadi juicy.

Sebaliknya, tekstur daging akan menjadi sedikit lebih keras dan warna daging pung akan menjadi coklat sempurna. Untuk mendapatkan hasil steak well done, kalian bisa memasakah daging dalam suhu sekitar 70 sampai 90 derajat celcius.

Lalu, Kemana Nih bisa Pesen Steak Enak, Steak Halal dan Steak Premium dengan bebas Request Tingkat Kematangannya?

Steak Lovers nggak perlu khawatir karena hampir semua restoran steak di Indonesia akan menawarkan layanan ini. Tapi, untuk menikmati sensasi steak premium tapi dengan budget minimalis, ya Barapi Meat & Grill Restoran solusinya. Resto steak ini terkenal sebagai resto steak enak di Jakarta.

Tidak cukup sampai disitu, buat steak lovers muslim, kalian tidak perlu cemas karena Barapi menghadirkan varian Steak Halal yang sudah terjamin mulai dari proses penyembelihan, penyimpananan, pendistribusian hingga pengolahan menjadi seporsi steak premium yang juga murah dan lezat.

Nah, kalian juga nggak perlu sungkan-sungkan untuk request ke crew Barapi Meat & Grill tentang tingkat kematangan daging yang kalian sukai. Dijamin, pelayanan akan sangat memuaskan dengan hasil yang sangat memanjakan lidah sobat steak lovers semua. Kuy, ramein outlet dan absen di bawah ya, kalian tim steak matang seberapa?

 

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari brilicious.brilio.net


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.