• restoran steak jakarta

Tips Makan Steak Enak ala Sultan

Tips Makan Steak Enak ala Sultan

Jika makan sushi dengan sumpit punya tips dan cara tersendiri, makan steak dengan pisau dan garpu pun juga ada aturannya loh. Meski cara ini bukan cara wajib ketika makan steak, namun tidak ada salahnya mempraktekkan cara makan steak enak yang baik dan benar.

Selain memberikan pengalaman bersantap steak yang lebih nikmat, cara ini akan berguna ketika kita diundang ke acara jamuan makan formal dengan kolega kerja, orang-orang penting di pemerintahan atau perusahaan, atau ketika makan di hadapan calon mertua, eh. Pastinya, dengan menunjukkan keahlianmu makan steak menggunakan pisau dan garpu akan menjadi prestige tersendiri.

8 Step Tips Makan Steak Dengan Pisau dan Garpu ala Sultan

 #1 Pilih Potongan Daging Favorit dengan Temperatur Yang Tepat

Sebelum ke cara makan steak, hal paling mendasar yang perlu kalian lakukan adalah memilih jenis daging dan temperatur yang tepat. Bisanya, hampir seluruh restoran steak premium ataupun restoran steak Jakarta akan menawarkan ini ke setiap customernya. By the way, terdapat sejumlah pilihan seperti daging wagyu, US Beef, Sapi Australia maupun daging lokal.

#2 Periksa Tempeatur dagingnya

Kemudian, sesaat setelah steak tersaji di hadapan kalian, kalian bisa memeriksa temperatur nya dengan melihat warna bagian dalam daging. Untuk memeriksanya, cukup dengan memotong bagian tengah daging. Sebaiknya hindari memotong daging di bagian ujung maupun yang mendekati tulang.

#3 Pakai Gaya Amerika

Nah, kita berlanjut ke cara makan steak ala sultan yang sesungguhnya. Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan makan gaya Amerika. Bagi sebagian besar orang Indonesia, cara ini cukup tepat karena kebanyakan dari kita tidak terbiasa makan dengan menggunakan tangan kiri.

Dengan makan steak Gaya Amerika, kalian bisa memegang pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri, kemudian menahan steak di atas piring. Potong kecil-kecil bagian daging steak kemudian letakkan pisaunya di tepi piring. Lalu, kalian bisa memindahkan garpu ke tangan kanan dengan sisi depan menghadap ke atas untuk menyantap potongan dagingnya. Untuk kalian yang terbiasa menggunakan tangan kiri, kalian bisa tetap memegang garpu di tangan kiri dengan sisi depan tetap menghadap ke atas.

#4 Atau, Bisa Pakai Gaya Eropa

Cara kedua yang sah-sah saja jika kalian terapkan adalah dengan gaya makan steak menggunakan gaya Eropa. Sama halnya dengan gaya Amerika, kalian bisa memegang pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Bedanya, ketika hendak menyantap potongan steak, kamu tidak perlu mengubah posisi garpu maupun pisaunya. Posisi garpu tetap berada di tangan kiri dengan sisi depan menghadap ke bawah. Sementara pisau berada di sisi tangan kanan.

#5 Hati-hati dengan posisi tubuh

Ketika menikmati sepiring steak murah maupun premium, usahakan untuk tetap menunjukkan kesan yang mewah dan elegan, terlebih ketika makan di hadapan orang-orang penting. Salah satu yang berpengaruh adalah posisi tubuh saat menyantap steak. Usahakan merapatkan siku ke badan agar posisi badan terlihat sopan dan tertata.

#6 Jangan Buru-buru Buang Potongan Lemak

Seringkali kita menemukan potongan lemak di sajian steak yang kita nikmati. Namun, tahukan kalian jika cepat-cepat menyingkirkannya bukanlah sebuah tindakan yang tepat. Keberadaan lemak sejatinya akan menambah cita rasa daging menjadi lebih lezat. Jika hal ini menganggu terutama bagi kalian yang sedang diet, maka kalian bisa request kepada crew restoran steak untuk menyajikan daging steak jenis tenderloin atau filet mignon.

#7 Hindari Penggunaan Tangan Secara Langsung

Jika kalian berada di restoran steak premium ataupun berada di tengah-tengah situasi formal, penggunaan tangan secara langsung lebih baik dihindari. Namun, jika kalian sedang tidak dalam dua kondisi di atas, kalian tetap bisa menggunakan tangan secara langsung loh, namun terbatas hanya di bagian daging yang dekat dengan tulang dan sulit dipotong dengan pisau.

#8 Letakkan Pisau dan Garpu di Posisi yang Benar Setelah Makan

Ketika makananmu telah habis, maka kalian bisa meletakkan pisau dan garpu berdampingan di atas piring. Jika menggunakan gaya Amerika, maka sisi garpu diletakkan dengan mengadap ke atas sementara Gaya Eropa meletakkan garpu menghadap ke bawah.

Rekomendasi Restoran Steak Jakarta: Steak Premium, Steak Halal dan dijamin Ramah Kantong

Sudah tau kan tips-tips makan steak enak ala sultan? Yuk praktekin tipsnya, ajak teman-teman dekat kalian untuk makan steak premium di Barapi Meat & Grill, Restoran Steak Jakarta paling recommended dengan harga yang ekonomis.

Restoran steak murah ini menawarkan sejumlah menu pilihan, dengan varian steak enaknya tetap menjadi highlight menunya. Namun, varian lain juga tidak kalah enaknya, yakni varian menu Hotplate Series. Cari Restoran Steak Halal dan Enak di Jakarta? Ya Barapi Meat & Grill solusinya!

 

Oleh: Fithrotul Izzah, dengan mengutip dari hipwee.com


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.