• restoran steak jakarta

Tips Memilih Daging Steak Terbaik, Kualitas Premium Tak Bikin Kantong Jebol

Tips Memilih Daging Steak Terbaik, Kualitas Premium Tak Bikin Kantong Jebol

Hai steak lovers! Pernah nggak sih kepikiran untuk membuat sendiri steak enak dirumah dengan rasa ala restoran steak bintang lima? Salah satu komponen wajib untuk mewujudkannya sudah tentu dengan mempersiapkan daging kualitas terbaik supaya kita mudah untuk mengolah dengan hasil yang sudah pasti maksimal lezatnya. Faktanya, memilih daging terbaik ibarat mencari jarum di tumpukan jerami loh, apalagi bagi kita-kita yang baru belajar dunia permasakan.

Namun, semua itu bukanlah menjadi alasan untuk kita tetap mager dan akhirnya menunda-nunda waktu untuk mengolah steak sendiri dirumah. Kami punya tips nih, cara ampuh untuk memilih daging steak terbaik dengan kualitas premium yang tidak bikin kantong jebol. Penasaran? Yuk simak ulasannya!

6 Tips Memilih Daging Steak Terbaik

#1 Tentukan Jenis Dagingnya

Hal pertama yang wajib dilakukan sudah tentu adalah menentukan jenis dagingnya. Untuk olahan steak, secara umum kita bisa menggunakan daging sapi, ayam maupun lembu. Pemilihan jenis daging juga bergantung pada kuantitas yang dibutuhkan, cara penyajian serta budget yang dimiliki. Terdapat sejumlah tips untuk memilih jenis daging untuk steak.

Misalnya nih, jika kalian ingin menikmati steak rame-rame untuk keluarga besar di rumah, jenis Flat Iron atau Flank Steak bisa jadi pilihan terbaik. Atau, jika ingin membuat makan malam romantis dengan pasangan, jenis tenderloin, sirloin, ataupun striploin akan memberikan kesan mewah dan premium. 

#2 Jangan Malu Bertanya

Untuk pemula, tidak ada salahnya jika anda bertanya kepada penjual daging di pasar ataupun pegawai supermarket tentang daging-daging kualitas premium. Memiliki langganan penjual daging dapat menjadi solusi yang cukup baik dimana kalian tidak perlu khawatir lagi dengan ketersediaan daging maupun kualitasnya.

#3 Ketahui Jenis Daging Steak dari Bagian Tubuh Hewan

Tips selanjutnya adalah mengetahui jenis daging dari bagian tubuh hewan. Jelas, masing-masing bagian tubuh hewan memiliki tekstur yang berbeda sehingga memiliki cara pengolahan yang berbeda juga. Misalnya nih, Top Sirloin memiliki tekstur yang lebih lembut ketimbang bottom sirloin.

Bentuknya pun berbeda karena lebih ramping. Tentu, teknik pengolahannya akan berbeda untuk mendapatkan cita rasa yang lezat dan tender. Memilih jenis daging ini pun dapat menjadi solusi terbaik ketika kalian ingin mengolah steak murah dengan harga yang ekonomis. 

#4 Perhatikan bau, warna, dan tekstur daging steak

Kalian juga perlu untuk mengamati bau, warna dan tekstur daging. Pastikan bau daging masih segar dan hindari daging yang berbau amonia atau aroma asam. Fyi, daging yang segar memiliki aroma yang tidak terlalu pekat namun tidak busuk. Jika memungkinkan untuk menyentuh daging, maka sentuhlah permukaannya. Jika permukaan terasa lengket, maka sudah dipastikan jika daging dalam kondisi yang tidak cukup segar.

Untuk warna, beberapa jenis daging steak memang memiliki warna yang berbeda. Misalnya, untuk sapi pemakan rumput, daging yang dimiliki pun cinderung berwarna merah tua dibandingkan dengan sapi pemakan gandum atau biji-bijian. Tidak cukup disitu, daging yang diletakkan di showcase supermarket pun akan lebih cepat berubah warna lebih pekat karena adanya proses oksidasi.

#5 Jangan Terkecoh Label Kemasan

Saat ini, kita akan sangat mudah menemukan berbagai daging steak kemasan yang dijual bebas di pasar maupun supermarket. Memang, hal ini akan sangat memudahkan untuk kita mengolah namun tidak memeriksa kembali kondisi daging dalam kemasan adalah salah satu kesalahan besar.

Sebagai konsumen, kita wajib untuk kembali memeriksa kemasan, tanggal kadaluwarsa, kondisi kemasan, hingga kenampakan daging. Yang terpenting selanjutnya adalah dengan tidak terkecoh dengan nama-nama label seperti Natural Beef, Top Choice Beef dan lain sebagainya.

Tetap memperhatikan kondisi daging dan kemasan juga komparsi menjadi hal penting. Jika menemukan daging kemasan yang dijual dengan harga yang sangat murah atau jauh dari harga pasaran, sudah tentu ini bukan jaminan daging kualitas terbaik.

#6 Memilih Waktu Yang Tepat untuk Berbelanja

Tips terakhir memang terkesan agak tricky namun sedikit banyak akan bermanfaat untuk menghemat kantong ketika berbelanja daging. Ketika berbelanja di momen harga daging turun, maka sudah dipastikan jika kalian akan menghemat beberapa ribu rupiah untuk per kilo dagingnya.

Nah, ketika berbelanja di supermarket, memanfaatkan late night sale atau mendekati jam tutup operasional bisa sedikit membantu karena biasanya supermarket akan memberikan diskon besar-besaran di jam-jam tersebut.

Lalu Daging Steak Kemasan Paling Recommended Apa Dong?

Buat kalian yang tidak punya cukup banyak waktu untuk berbelanja ke pasar maupun supermarket, tidak perlu cemas karena saat ini kalian bisa mendapatkan daging steak kemasan kualitas premium dengan harga yang tidak bikin kantong jebol di salah satu restoran steak premium di Jakarta. Yup, Barapi Meat & Grill kini hadir dengan daging steak kemasan yang sudah lengkap dengan sajian pelengkap lainnya seperti saos, sayuran dan kentang goreng.

Kalian cukup mengolahnya langsung di dapur kalian sendiri tanpa perlu menambahkan bumbu-bumbu karena Barapi Meat & Grill sudah mempersiapkan semuanya dengan sangat baik, tentunya dengan kualitas daging yang super premium.

Terdapat sejumlah pilihan daging steak kemasan, diantaranya, Grilled Chicken Steak, Prime Striploin, serta Beef Blackpaper. Semuanya dibandrol dengan harga yang cukup ekonomis yakni mulai dari 39K hingga 88K. Yuk datang ke restaoran steak terbaik di Jakarta, Barapi Outlets, tapi kalo mager, bisa tinggal call Grab Food ataupun Go Food. Simple kan?

 

Oleh: Fithrotul Izzah, dengan mengutip dari steakysteve.com


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.