• restoran steak jakarta

5 Bagian Daging Sapi yang Cocok Dimasak Menjadi Steak Enak, Apa Saja?

5 Bagian Daging Sapi yang Cocok Dimasak Menjadi Steak Enak, Apa Saja?

Popularitas steak di Indonesia kini sudah semakin meningkat dengan hadirnya ratusan restoran steak, café hingga rumah makan yang menyajikan steak dalam daftar menu mereka. Tidak hanya dikenal sebagai produk makanan mewah, sajian olahan daging ini juga memiliki keunikan lain, salah satunya dalam hal rasa dan kualitas daging yang lembut nan juicy menjadikan menu ini cukup digemari berbagai kalangan masyarakat di Indonesia bahkan dunia.

List 5 Bagian Daging Sapi, Mana Favoritmu?

Daging sapi sendiri hingga saat ini masih menjadi bahan dasar paling populer untuk mengolah sajian steak. For your information, steak premium ternyata tidak hanya diolah dari satu bagian daging saja loh. Setidaknya, ada 5 bagian daging sapi yang sangat pas diolah menjadi steak yang akan menghasilkan cita rasa gurih, lembut dan juicy. Nah, buat kalian yang penasaran, yuk kenali kelima bagian tersebut!

Tenderloin, Best Dietary Menu Plan with Juicy and tender meat Texture

Sesuai dengan namanya, Tenderloin merupakan bagian daging sapi yang bertekstur paling lembut sehingga tak ayal, bagian ini masih menjadi primadona bagi pecinta steak. Tenderloin merupakan bagian dalam tubuh sapi hingga ke bagian belakang mendekati bagian ekor.

Tidak hanya memiliki tekstur yang tender atau lembut, tenderloin juga memiliki kadar lemak yang rendah, sehingga bagian ini tentu akan sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang dalam program diet namun tetap ingin bersantap dengan steak yang lezat.

Kadar rendah lemak tenderloin ini dibuktikan dengan tekstur daging yang lembut tanpa otot. Tentu, hal ini akan membuat pengolahan tenderloin menjadi mudah dan tidak membuat daging menjadi alot.

Sirloin, an Affordable Choice with a tasty and juicy meat

Jika tenderloin merupakan daging bagian dalam, Sirloin merupakan kebalikannya. Sirloin merupakan bagian luar daging sapi yang diambil dari bagian bawah iga. Letaknya yang berada dekat dengan pinggul membuat sirloin memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan tenderloin.

Nah, bagi kalian ingin mengolah atau menikmati steak murah dengan rasa yang nikmat, sirloin sudah tentu akan menjadi pilihan terbaik. Meski dibandrol harga yang cukup ekonomis ketimbang tenderloin, kalian tidak akan kecewa dengan kelezatan daging bagian ini. Lapisan lemak yang menyelimuti sirloin akan menghasilkan cita rasa yang gurih dan juicy sehingga akan sangat cocok ketika dipadu padankan dengan menu pelengkap steak yang lainnya.

Striploin, an Appetizing New York Strip

Nyaris memiliki tekstur dan bentuk yang sama dengan tenderloin, striploin memang diambil dari bagian daging dalam sapi yang lokasinya berdekatan dengan tenderloin. Bagian ini disebut juga dengan New York Strip.

Jika dilihat dengan seksama, Striploin jelas berbeda dengan tenderloin karena bagian ini dilapisi dengan lemak di salah satu sisinya. Itulah sebabnya, Striploin Steak memiliki tekstur daging yang lembut namun sedikit berminyak karena lelehan lemak ketika diolah.

T-bone, a Unique and Well-Combined Taste

Selanjutnya, bagian sapi yang juga sangat lezat diolah menjadi setak adalah T-Bone. Sesuai dengan namanya, T-Bone merupakan daging yang berdekatan dengan tulang belakang sapi dan memiliki bentuk yang menyerupai huruf T.

T-Bone memeiliki cita rasa unik karena memiliki dua bagian daging yang berbeda. Di satu sisi, kalian akan merasakan kelembutan tenderloin sementara sisi yang lainnya adalah daging striploin. Perpaduan keduanya akan menambah cita rasa unik, lembut dan gurih steak yang kalian olah atau nikmati.

 Rib Eye, Premium Taste of Scotch Fillet

Bagian kelima dari daging sapi yang juga menjadi primadona pecinta steak adalah Rib Eye. Bagian ini berasal dari daging sapi di sekitar tulang rusuk. Bagian ini dikenal juga dengan sebutan Scotch Fillet yang dipenuhi dengan lemak yang menyelimuti daging.

Jelas, banyaknya lemak ini akan membuat penampakan daging menjadi lebih basah ketika dipanggang yang justru akan semakin menggugah selera. Jika kalian ingin menyantap steak dengan ukuran jumbo, Rib Eye akan menjadi pilihan yang tepat karena biasanya bagian ini disajikan dalam ukuran yang cukup besar.

Dimana Bisa Nikmati Olahan Steak Premium di Jakarta?

Kita sudah mengenal 5 bagian daging sapi yang cocok jika diolah menjadi steak, kira-kira, bagian mana favorit kalian? Well, apapun bagiannya, semuanya akan tetap menjadi olahan steak yang lezat jika diolah dengan cara yang benar dan tepat.

Nah, untuk kalian yang ingin menikmati kelezatan salah satu dari kelima olahan daging tersebut, Barapi Meat & Grill Restoran menjadi pilihan restoran steak Jakarta yang tepat. Dengan lokasi yang cozy dan instagramable, kalian bisa menikmati olahan steak dengan cita rasa premium dengan harga yang ramah kantong sambil bersantai bersama orang-orang tercinta.

Barapi merupakan restoran steak halal Jakarta yang menawarkan layanan kelas resto bintang lima dengan sajian steak premium terbaik di kelasnya. Penasaran? Yuk kunjungi outlet kami, buka setiap hari bisa offline dan pesan online loh!

 

Oleh: Fithrotul Izzah, dengan mengutip dari kumparan.com


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.