• restoran steak jakarta

JUMAT BERKAH: 10 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Mencari Berkah di Hari Kesayangan Rasulullah

JUMAT BERKAH: 10 Amalan Sunnah di Hari Jumat, Mencari Berkah di Hari Kesayangan Rasulullah

Hai Foodies! Alhamdulillah, kita masih diberi usia hingga bertemu lagi di hari ini, hari Jumat. Semua umat muslim pasti tau kalau hari Jumat adalah hari yang spesial dimana hari ini adalah hari kesayangan Rasulullah Muhammad SAW. Hari dimana Allah memberikan banyak keberkahan dan pahala bagi siapapun yang beramal shalih.

Sobat Foodies pastinya mau dong ya mendapat keberkahan di hari Jumat, mimin juga mau banget. Oleh sebab itu, mumpung masih diberi kesempatan hidup dan bertemu hari Jumat, yuk sama-sama jalanin 10 amalan sunnah yang dianjurkan Rasullah berikut. Yuk, catat dan praktekin bareng-bareng ya!

#1 Membaca Surat As-Sajdah dan Al-Insan saat Shalat Subuh

Memasuki saat subuh di hari Jumat, sangat dianjurkan untuk menyegerakan sholat subuh tepat waktu. Kemudian, salah satu kebiasaan yang dilakukan Rasulullah SAW adalah membaca surat As-Sajdah di rokaat pertama dan surat Al-Insan di rakaat kedua.

#2 Membaca Surat Al Kahfi

Sudah menjadi rahasia umum jika membaca Surat Al Kahfi adalah salah satu sunnah yang sangat dianjurkan untuk diterapkan di Hari Jumat. Untuk lebih mendapat keistimewaan, yuk mulai membiasakan diri membaca Surat Al Kahfi dari malam di hari Kamis seusai melaksanakan Sholat Maghrib.

#3 Memperbanyak Shalawat Nabi

Sunnah di Hari Jumat yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak shalawat. Meski membaca Shalawat bisa dilakukan kapan pun, namun, khusus di Hari Jumat, alangkah baiknya jika intensitasnya ditambah.

#4 Mandi Sebelum Sholat Jumat

Hari Jumat juga merupakan dimana hari diwajibkannya sholat Jumat, terutama bagi para lelaki. Nah, untuk mendapatkan berkah dan pahala, disunnahkan untuk mandi sebelum sholat Jumat.

#5 Memakai Pakaian Terbaik dan Wewangian

Nah, amalan sunnah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan pakaian terbaik ditambah dengan wewangian di hari Jumat. Terutama pakaian yang dipakai menuju masjid untuk melaksanakan shalat Jumat. Inget ya foodies, pakaian terbaik tidak harus yang mahal dan selalu baru, namun pakaian yang bersih, rapid an wangi adalah yang diutamakan.

#6 Memotong Kuku, Mencukur Kumis dan Bersiwak

Kegiatan memotong kuku, mencukur kumis dan jenggot disunnahkan untuk dikerjakan di hari Jumat. Hal ini juga merupakan kebiasaan yang dilakukan Rasulullah sebelum berangkat shalat jumat.

#7 Berangkat ke Masjid Lebih awal dan Berjalan Kaki

Siapa hayo yang suka berangkat shalat Jumat mendekati waktu khutbah sampai lari-larian di jalan? Hmm, jika kalian termasuk salah satunya, maka mulai saat ini lebih baik dirumah ya guys. Salah satu sunnah yang sangat dianjurkan adalah berangkat ke masjid lebih awal serta dengan berjalan kaki ke masjid. Berangkat ke masjid lebih awal ini dimaksudkan untuk bisa lebih dulu membaca Al-quran, berdzikir dan berdoa sebelum imam shalat Jumat tiba.

#8 Mendekat pada Imam atau Khatib dan Mendengarkan Khutbah dengan Seksama

Salah satu kebiasaan buruk yang harus dirubah adalah suka melamun, tidur atau bahkan ngobrol dengan orang di sebelah ketika khutbah. Untuk mendapatkan pahala dan berkah hari Jumat, disunnahkan untuk mendekat ke arah imam serta mendengarkan khutbah dengan seksama.

#9 Melaksanakan Sholat Sunnah Seusai Sholat Jumat

Nah, setelah melasankana sholat Jumat, disunnahkan bagi kaum lelaki untuk melaksanakan shalat sunnah sebanyak 4 rokaat.

#10 Memperbanyak Doa dan Dzikir

Banyak sekali hadist yang mengatakan jika salah satu waktu paling mustajab adalah doa yang dipanjatkan di hari Jumat. Sementara itu, untuk waktu-waktu terbaiknya menurut pendapat sebagian ulama adalah saat imam naik mimbar sampai selesai sholat Jumat, setelah sholat Ashar hingga terbenamnya matahari serta setelah Ashar  hingga di akhir-akhir hari Jumat.

Bahagiakan Sesama dengan Bagi-Bagi Steak Enak dari Barapi Meat and Grill

Sebelumnya, mimin sempet bahas nih keutamaan sedekah di hari Jumat, buat yang belum baca, bisa baca disini ya. Nah, mumpung ini Hari Jumat, nggak ada salahnya jika kita mengeluarkan sedikit rezeki yang kita miliki untuk membahagiakan sesama. Bisa dengan membahagiakan orang tua, keluarga, adik-adik yatim piatu, atau tetangga sekitar yang mungkin sedang kekurangan dengan sajian steak enak, steak sehat dan steak halal dari Barapi Meat and Grill.

Yup! Kalian nggak bakal kecewa dengan kualitas daging steak premium bercita rasa tinggi milik Barapi. Restoran steak Jakarta ini hadir dengan kualitas steak terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Nggak perlu khawatir meski gaji sudah mulai menipis, karena steak murah di Barapi masih tetap enak dan berkualitas kok.

Yuk, bahagiakan sesama dengan sepiring steak enak dan sehat dari Barapi.

 

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari Indozone.id


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.