• restoran steak jakarta

JUMAT BERKAH: Jemput Pahala Dengan Sedekah dan Membahagiakan Sesama

JUMAT BERKAH: Jemput Pahala Dengan Sedekah dan Membahagiakan Sesama

Foodies! Hari Jumat menjadi hari paling istimewa terutama bagi umat muslim. Dalam sebuah Hadist, “Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbauk yang terbit padanya matahari adalah hari jum’at. Sebab pada hari itu Allah azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu”  [HR Muslim].

Oleh sebab itu, pada hari jumat, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amal sholih. Salah satunya yang sangat dimuliakan dan Allah menjanjikan banyak pahala adalah dengan sedekah di Hari Jumat.

3 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Suri Tauladan kita, Nabi Muhammad SAW juga telah memberikan contoh untuk memperbanyak sedekah di hari Jumat disamping memperbanyak amalan-amalan lainnya. Nah, ternyata, bersedekah di hari Jumat memang memiliki sejumlah keutamaan lo, apa aja sih, yuk simak ulasan berikut:

#1 Lebih Besar Pahala

Keutamaan pertama tentu ada di sisi pahala yang berlimpah. Bayangin aja nih Foodies, pahala sedekah aja udah gede banget, apalagi ketika kita sedekah di hari yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Allah menjanjikan melipatkan gandakan kebaikan pahala bagi hambaNya yang berseekah di hari istimewa ini.

Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwayatkan “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya”.

#2 Layaknya Sedekah di Bulan Ramadhan

Siapa yang sudah rindu Ramadhan? Hmm, sama nih, mimin juga sudah rindu dengan bulan paling mulianya umat Muslim. Nah, sebelum benar-benar bertemu dengan kenikmatan dan banyak keutamaan di Bulan Ramadhan, kita Insyaallah bisa mendapatkannya dengan memperbanyak sedekah di Hari Jumat.

Disebutkan Ibnul Qayyim al-Jauziyah pernah berkata tentang keutamaan sedekah di hari Jumat. Beliau berkata, “Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

#3 Didoakan oleh Para Malaikat

Siapa yang ingin didoakan oleh Malaikat, makhluk paling suci yang tidak pernah berbuat dosa yang doanya tentu akan tembus ke langit? Setiap dari kita pasti ingin dong ya. Nah, hari Jumat, lagi-lagi memberikan kesempatan bagi kita untuk memperbanyak amal shalih terutama sedekah di pagi hari untuk menjemput banyak pahala dan keberkahan.

Rasulullan SAW pernah bersabda, “Setiap pagi hari di mana para hamba berada di dalamnya, ada dua malaikat yang turun seraya malaikat pertama berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi orang yang bersedekah ganti. Dan malaikat satunya lagi berdoa; ‘Ya Allah, berikanlah bagi yang tidak mau bersedekah (pelit) kebinasaan.” [HR. Bukhari dan Muslim].

Ide Sedekah di Hari Jumat: Simple, Berkesan, dan Insyaallah Berpahala

Foodies, meski terlihat mudah, nyatanya tidak cukup mudah bagi kita untuk membiasakan diri bersedekah, terutama di hari Jumat. Tak bisa dipungkiri bahwa kita banyak sekali memberikan excuses untuk diri sendiri tidak mengeluarkan kelebihan harta kita untuk berbagi dengan sesama.

Perlu diketahui, sedekah tidak melulu harus dengan ratusan ribu ataupun jutaan rupiah loh. Berapa pun yang kita sedekahkan, besar ataupun kecil, asalpun ikhlas, akan dicatat Allah sebagai sedekah dan Insyallah akan menjadi pahala dan berkah bagi kita. Jadi, yuk sama-sama saling mengingatkan untuk tidak ragu bersedekah berapapun jumlahnya.

Nah, ada banyak yang bisa kita lakukan dengan sedekah di hari Jumat. Kita bisa membrikan sejumlah uang di kotak amal masjid atau mushola, panti asuhan, dan tempat-tempat lain yang sekiranya menyalurkan dana sedekah umat muslim.

Bersedekah dengan membagi-bagikan makanan juga sebuah ide yang sangat cemerlang. Hal ini juga tidak akan mengurangi pahala dan keutamaan sedekah yang akan kita dapatkan, asalkan ikhlas.

Yuk, Foodies bisa berbagi dan membahagiakan sesame dengan membagi-bagikan makanan enak, sehat dan bergizi dari menu makanan di Barapi Meat & Grill Restauran. Restoran steak Jakarta ini mempunyai sejumlah pilihan menu makanan, mulai dari Steak Premium, Steak Murah, hingga paket nasi dan hotplate dengan cita rasa yang enak, sehat dengan harga yang cukup terjangkau.

Sobat foodies tidak perlu khawatir, karena Barapi Meat and Grill merupakan restoran steak halal di Jakarta yang sudah menjamin setiap proses penyembelihan hingga pengolahan dagingnya. Yuk, kunjungi Barapi Restoran, pesen take away, dan bagi-bagiin ke sesame yang membutuhkan. Mumpung masih di hari Jumat nih, Insyallah, akan diberikan keberkahan dan pahala yang besar. Aamiin.  

 

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari dompetdhuafa.org


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.