• restoran steak jakarta

Ini Bedanya Penyajian Steak ala Western vs Steak ala Jepang

Ini Bedanya Penyajian Steak ala Western vs Steak ala Jepang

Steak Lovers! Apakabar nih? Minggu ini mendung ya, apakah disana juga? By the way, mimin mau tau nih, kalian lebih suka steak disajikan di atas hot plate atau piring? Komen di bawah ya.

Nggak bisa dipungkiri jika olahan daging sapi paling populer di Indonesia bahkan dunia adalah steak. Dengan highlight daging sapi yang lembut dan juicy berpadu dengan saus yang kental dan creamy, steak banyak menjadi favorit pecinta daging dari berbagai kalangan masyarakat.

Nah, di Indonesia sendiri, restoran steak kini sudah menjamur dan tersedia hampir di seluruh kota-kota besar. Usut punya usut, steak pun beraneka ragam  tergantung darimana ia berasal. Ngomongin cara penyajian, di Indonesia ada dua tipe penyajian yang paling populer, steak ala Jepang dan Western. Kira-kira, apa bedanya ya? Penasaran? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Penyajian Steak ala Western

Yuk kita mulai dari penyajian steak ala western. Hal yang paling mendasar ketika ngomongin tentang steak ala western adalah menu pelengkap protein. Orang-orang western, cinderung menyukai kentang sebagai sumber karbohidrat berpadu dengan juicynya steak sebagai sumber protein.

Keunikan steak ala western yang kedua adalah seputar saus. Kebanyakan orang bule, lebih suka menikmati setiap gigitan daging murninya tanpa harus dicelup saus, atau bahkan disiram saus (beda banget sama orang Indonesia ya, hehe). Steak ala western cinderung disajikan tanpa saus kecuali jika diminta oleh customer.

Selanjutnya, steak ala western disajikan menggunakan piring. Dengan piring khusus tentunya yang tetap memudahkan cutomer ketika mengiris dagingnya. Nah, keunikan selanjutnya adalah teknik gramasi dimana pengunjung bisa bebas meminta ukuran daging sekaligus bagian daging mana dengan tingkat kematangan seberapa yang akan dikonsumi. Secara umum, teknik gramasi ini juga masih sama dengan penyajian steak ala Jepang.

Penyajian Steak ala Jepang

Yuk kita melancong ke Negeri Sakura, Jepang. Negara dengan penghasil daging wagyu terbaik di dunia ini juga mempunyai cirri khas khusus dalam menyajikan seporsi steak. Pertama, dimulai dari sumber karbohidrat. Ketimbang menggunakan kentang, steak ala Jepang cinderung disajikan dengan nasi. (Sama banget sama orang Indo ya,  berasa belum makan kalau belum pakai nasi, hehe).

Karakteristik steak ala Jepang yang kedua adalah terkait sausnya. Jika di Western, steak disajikan tanpa saus, di Jepang justru saus yang menjadi highlight kedua setelah kualitas daging. Jepang terkenal sekali dengan home-made sausnya. Meski disajikan secara terpisah, namun saus ini selalu muncul bersamaan dengan daging. Customer pun bebas menikmatinya dengan disiramkan ke daging atau hanya mencelupkannya.

Sementara itu, Restoran steak di Indonesia yang mengusung konsep Japanese Steak style kebanyakan juga menggunakan saus sebagai salah satu komponen penting hidangan steaknya. Karena lidah orang Indonesia yang suka makanan kaya rempah, maka saus steak ala Jepang di Indonesia akan jauh lebih kaya rasa, mulai dari manis, pedas cabai, pedas wasabi an bahkan ditambah taburan wijen.

Nggak cukup sampai disitu, Restoran Steak di Indonesia bahkan kerap kali masih menyediakan saus tomat dan saus cabe tambahan di meja. Saus ini nyatanya juga digemari oleh banyak customer steak dengan mencampurkannya pada saus dan daging steak yang tersaji di atas meja.

Steak ala Jepang juga mayoritas disajikan di atas hot plate dengan tambahan bawang bombany di atas dagingnya. Sensasi inilah yang paling kerap ditemukan hampir di seluruh restoran steak ala Jepang baik di dunia, negara asalnya maupun Indonesia.

Untuk teknik gramasi, restoran steak di Jepang biasanya memberikan kebebasan pada customernya untuk meminta ukuran berat dagingnya. Bahkan, tak jarang dari mereka yang menawarkan berat 150 gram hingga sekenyangnya. Waah, enak banget kali yaa, auto kenyang dobel-dobel.

Mana Favorit Kalian? Kalo Mimin Sih, Tetep Favorit Steak ala Barapi Meat and Grill

Well, mana nih steak favorit kalian sobat steak lovers? Apapun favoritnya, keduanya masih tetap steak dan tentunya lezat nggak ada duanya. Tapi, nggak perlu jauh-jauh juga ke Eropa, Amerika atau Jepang untuk menikmati steak enak. Di Jakarta, ada loh rekomendasi retsoran steak enak. Dimana lagi kalo bukan di Barapi Meat and Grill Restauran.

Restoran Steak Jakarta ini menyajikan varian steak premium seperti wagyu, rib eye dan tenderloin dan sejumlah varian steak murah seperti chicken steak, economist beef steak, striploin dan masih banyak yang lainnya. Nggak perlu worries, karena steak halal di Barapi benar-benar terjamin mulai proses penyembelihan, penyimpanan, pengolahan hingga pendistribusian.

Mau makan steak enak, murah dan anti ribet? Mau makan steak ala Eropa atau steak ala Jepang? Mau makan steak halal dengan lingkungan yang bersih dan nyaman? Udah deh, the only one and only, Barapi Meat and Grill Restoran solusinya!

 

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari Okezone.com


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.