• restoran steak jakarta

Tahukah Kamu Amalan Yang Bisa Dilakukan Wanita Menstruasi Saat Ramadhan?

Yuk Meriahkan Ramadhan Kareem

Bagi wanita yang mengalami menstruasi di bulan Ramadhan, haram berpuasa. Jadi apa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala di bulan suci ini? Ibadah puasa seorang wanita otomatis dibatalkan ketika dia keluar dari menstruasi sebelum waktunya berbuka. 

Jadi, apakah itu berarti wanita tidak bisa mendapatkan pahala selama bulan Ramadhan? Jawabannya, wanita yang sedang haid tetap bisa mendapatkan pahala selama bulan Ramadhan. Wanita yang sedang menstruasi masih bisa melakukan amalan-amalan berikut untuk melanjutkan ibadah di bulan puasa atau bulan Ramadhan. Ini kumpulan amalan yang telah dirangkum Barapi Meat and Grill:

Mencari Ilmu

Belajar ilmu, sebetulnya belajar ilmu karena Allah itu wujud ketakwaan. Mencari ilmu itu ibadah, mempelajarinya itu tasbih, dan mempelajarinya adalah jihad. Faidlah yang wajib mencari ilmu. Selain bisa diperlakukan sebagai ibadah, mencari ilmu juga memberikan manfaat yang besar. Mencari ilmu bisa dilakukan dengan membaca buku, mengikuti studi, atau mencari bimbingan guru.

Memperbanyak Dzikir

Wanita bisa terus berdzikir untuk selalu mengingat Allah. Dzikir bisa dilakukan dengan mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, haulawah, dan sebagainya. Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Perumpamaan antara mereka yang berdzikir kepada Tuhannya dan mereka yang tidak, adalah seperti yang hidup dan yang mati”.

Tidak hanya wanita yang sedang haid, umat Islam pada umumnya juga diimbau untuk meningkatkan dzikirnya terutama di bulan Ramadhan untuk meraih penghargaan malam Lailatul Qadar.

Berdoa dan Mendekatkan Diri Kepada Allah

Doa adalah praktik termudah dan paling mungkin dilakukan untuk wanita yang sedang menstruasi. Wanita yang sedang haid bisa membaca doa dalam bahasa apapun dan kapanpun. Berdoa atau munajat bisa berarti mendekatkan diri kepada Allah.

Mendengarkan Ayat-Ayat Al-Quran

Karena wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan membaca Alquran, mereka tetap bisa mendengarkan lantunan Alquran. Apalagi seorang muslim bisa mendapatkan pahala hanya dengan mendengarkan ayat-ayat Alquran.

Aktif Bersedekah atau Melakukan Kegiatan Sosial

Sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk melakukan kegiatan sosial. Di bulan Ramadhan, wanita yang sedang haid tetap bisa berbuat baik meski hanya mempersembahkan kurma berbuka puasa kepada seseorang yang sedang berpuasa.

Puasa merupakan kesempatan bagi manusia untuk berlatih merasakan kesulitan sesamanya yang dilanda rasa lapar dan haus karena tidak mampu. Jadi, tidak ada salahnya untuk terus membantu sesama makhluk Allah dengan beramal di bulan suci Ramadhan ini.

Barapi Meat and Grill mengucapkan, selamat menjalankan ibadah puasa.. Puasa yang mabrur adalah ketika kita menjadi lebih baik dari sebelum ramadhan dan terus menjadi lebih baik ^^


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.