• restoran steak jakarta

Barapi Tips: Bagaimana Cara Minum 8 Gelas Air Putih Setiap Hari Saat Berpuasa?

Sefruit Tips dari Restoran Steak Terenak di Jakarta

Pada siang hari, tubuh kehilangan banyak cairan baik melalui keringat dan urine serta melalui penguapan yang terjadi di permukaan kulit. Sedangkan saat berpuasa, asupan makanan dan minuman dibatasi. Dibutuhkan strategi yang tepat untuk mengatur asupan cairan selama puasa, mengingat dalam waktu sekitar 12 jam seseorang tidak diperbolehkan makan dan minum.

Layaknya hari biasa, kamu disarankan mengonsumsi tidak kurang dari 2 liter cairan sehari. Volume ini kira-kira setara dengan 8 gelas air. Jika kamu melakukan aktivitas yang menguras banyak keringat, kebutuhan cairan kamu bisa lebih tinggi.

Berbeda dengan hari-hari biasa dimana kita bisa bebas mengkonsumsi air setiap saat, saat berpuasa kita hanya bisa minum dari buka puasa sampai subuh. Lalu, bagaimana cara mengatur jadwal minum air putih 8 gelas sehari saat berpuasa? Berikut tips dan jadwal minum ala Barapi Meat and Grill untukmu!

Jadwal Minum Air Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan

Air minum terbagi menjadi 8 gelas, di antaranya bisa kamu konsumsi per gelas air saat bangun pagi, subuh, saat berbuka, setelah berbuka puasa, setelah sholat Maghrib, setelah sholat Isya, setelah sholat Tarawih, dan sebelum berangkat tidur.

Nah, ini rincian singkat mengenai jadwal minum saat puasa di bulan Ramadhan:

  • 1 Gelas Setelah Bangun Sahur
  • 1 Cangkir Setelah Subuh
  • 1 Gelas Saat Buka Puasa
  • 1 Gelas Setelah Shalat Maghrib
  • 1 Gelas Setelah Makan Malam
  • 1 Gelas Setelah Shalat Magrib
  • 1 Cangkir Setelah Shalat Tarawih
  • 1 Gelas Sebelum Tidur

Selain itu, konsumsi kopi dan teh juga harus dibatasi. Selain sifatnya yang asam yang dapat memicu rasa tidak nyaman pada lambung bagi mereka yang sensitif terhadap kafein, efek diuretik pada minuman ini juga menyebabkan seseorang menjadi sering buang air kecil atau sering buang air kecil.

Minum cukup cairan saat puasa Ramadhan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Kekurangan cairan dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi, sehingga akan mudah haus, sulit buang air besar, dan menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Konsumsi Juga 4 Buah dengan Kandungan Air yang Tinggi

Banyak orang yang mengira bahwa minum air yang cukup dapat memenuhi kebutuhan cairannya. Namun perlu diingat, asupan air bagi tubuh tidak hanya didapat dari air tapi juga dari asupan makanan. Makan sayur dan buah bisa menjadi pilihan untuk memastikan asupan air yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan air pada buah ini dapat membantu menghidrasi tubuh sehingga terhindar dari dehidrasi. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala seperti sakit kepala, lemas, dan sulit berkonsentrasi. kamu dapat membantu memenuhi kebutuhan air tubuh dengan mengonsumsi beberapa jenis buah yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti:

Semangka

Buah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Dalam satu buah semangka, terdapat sekitar 91 hingga 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C, vitamin A, magnesium, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Semangka juga baik dikonsumsi saat diet, karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan berlebih.

Stroberi

Buah yang memiliki rasa agak asam ini juga mengandung banyak air. Stroberi mengandung 91 persen air. Ada juga kandungan vitamin C, mangan, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Makan stroberi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, kanker, dan Alzheimer.

Jeruk

Penuhi kebutuhan air tubuh kamu dengan mengonsumsi buah jeruk, khususnya jeruk bali. Jenis makanan ini dikatakan memiliki kadar air hingga 90 persen. Jeruk bali juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, dan folat. Konsumsi buah ini juga dapat membantu mengontrol berat badan, karena jeruk bali dapat menstabilkan gula darah dan membakar lemak.

Belimbing

Buah belimbing memiliki kandungan air hingga 91 persen. Buah ini juga kaya vitamin C dan antioksidan. Makan buah belimbing tidak hanya dapat membantu menghidrasi tubuh, tetapi juga membuat jantung lebih sehat. Meski begitu, orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal sebaiknya menghindari buah ini karena kandungan asam oksalat belimbing cukup tinggi.

Sekarang sudah tidak jaman lagi kan merasakan dehidrasi saat berpuasa. Yuk jalani tips di atas biar kamu lebih semangat dalam beribadah. Barapi Meat and Grill mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa ^^


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.