• restoran steak jakarta

Ramadhan Tiba, Tahukah Kamu 5 Hikmah Puasa Bagi Umat Muslim?

Bulan suci Ramadhan telah datang dan umat Islam di seluruh dunia berpuasa. Menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan merupakan kewajiban setiap muslim yang sudah baligh dan memenuhi syarat. Bagi yang tidak mengamalkannya padahal telah memenuhi syarat, maka hukumnya berdosa. Namun jika tidak bisa berpuasa karena sakit atau haid, maka puasanya harus diganti di lain waktu dan diwajibkan juga membayar fidyah.

Menjalankan puasa membawa banyak hal positif bagi jiwa dan raga. Ada banyak hikmah di bulan Ramadhan yang bisa dipetik sambil menjalaninya. Yuk intip berbagai hikmah yang telah dirangkum Barapi Meat and Grill. Check this out!

Meningkatkan Iman Kepada Allah SWT

Hikmah puasa yang pertama dapat meningkatkan pengabdian seorang hamba kepada Allah SWT. Salah satu hikmah puasa di bulan Ramadhan adalah agar umat Islam bisa mencapai derajat takwa yang luhur. Ketika berpuasa, berarti umat Islam telah menjalankan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. Inilah arti kesalehan.

Seseorang yang berpuasa akan meninggalkan segala larangan seperti makan, minum, minum bersama istri dan sebagainya. Puasa artinya mengendalikan hawa nafsu seperti ini, sesuai perintah Allah SWT. Hal tersebut dilakukan demi semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan pahala dari-Nya.

Muslim yang berpuasa sebenarnya mampu melakukan semua kesenangan duniawi yang dilarang saat berpuasa. Namun, menyadari bahwa Allah Maha Mengetahui, dia menekan semua keinginan itu secara sadar dan sukarela. Orang yang berpuasa juga akan senang melakukan berbagai amalan yang menunjukkan ketaatan. Dan ketaatan adalah cara untuk mencapai kesalehan.

Latihan Untuk Mengontrol Hawa Nafsu

Kebijaksanaan kedua dari puasa dapat membantu kita mengendalikan nafsu. Puasa secara langsung melatih diri dan jiwa dari serangan hawa nafsu. Dengan berpuasa kepada Allah SWT, diharapkan seseorang dapat mengontrol dan mengontrol perbuatan yang dilarang.

Saat berpuasa alangkah baiknya menghabiskan waktu melakukan hal-hal positif yang bermanfaat, yaitu dapat menciptakan kebaikan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Saat diri bisa meninggalkan kenikmatan dunia sejenak, saat itulah bisa dikatakan kita sudah bisa mengendalikan jiwa kita sendiri. Dan ini semua dilakukan karena Allah.

Mengubah Diri Menjadi Lebih Baik

Hikmah puasa yang ketiga adalah munculnya kesadaran dan keinginan dari dalam untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik. Dalam keadaan berpuasa, orang cenderung ingin selalu berbuat baik kepada sesama dan menjauhi segala larangan Allah SWT. Inilah salah satu hikmah puasa yang baik, karena jika kita tergoda untuk berbuat maksiat atau tercela, maka ibadah yang telah dilakukan juga akan menjadi sia-sia.

Saat berpuasa, ada baiknya menyibukkan diri dengan aktivitas yang bermanfaat. Lakukan hal-hal baik yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain. Selain itu, kita juga harus meninggalkan tindakan negatif seperti fitnah, berbohong, dan hal-hal tidak berguna lainnya.

Ikut Merasakan Penderitaan Orang Miskin

Pelajaran keempat dari puasa adalah meningkatkan kepekaan perasaan terhadap orang-orang di sekitar yang kurang beruntung atau miskin. Saat berpuasa, orang akan merasa lapar dan haus. Dengan ini, seseorang akan merasakan apa yang selama ini dirasakan oleh orang-orang miskin yang membutuhkan, yang hidupnya penuh kekurangan.

Hikmah puasa Ramadhan ini membuat kita merasakan penderitaan orang-orang yang tidak mampu secara ekonomi. Ketika kita menahan lapar dan haus saat berpuasa, perasaan ini juga yang selalu dirasakan orang miskin setiap hari di luar bulan puasa. Perasaan emosi seperti ini memungkinkan kita menjadi lebih berempati dan simpatik kepada mereka yang kurang beruntung.

Baik Untuk Kesehatan Fisik

Pelajaran kelima dari puasa adalah fakta bahwa puasa sebenarnya membantu meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani. Dengan berpuasa maka kebutuhan spiritual akan kedekatan dengan Allah SWT dapat terpenuhi dan karenanya membawa manfaat berupa pahala dan kebaikan jasmani.

Puasa dapat membuat kesehatan fisik seseorang menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Ini karena saat berpuasa, orang tidak akan makan dan minum sebanyak biasanya. Ini membantu mengistirahatkan sistem pencernaan dalam tubuh untuk sementara waktu. Juga memberikan kesempatan bagi tubuh untuk membuang semua kotoran dan zat berbahaya yang terkandung di dalamnya.

Malas Masak Untuk Sahur? Pesan Steak Ready to Cook dari Barapi Meat and Grill Saja

Khusus untuk kamu yang lagi bingung mau sahur apa nanti malam? Tidak usah bersedih hati gundah gulana. Barapi Meat and Grill menyediakan menu steak ready to cook yang bisa kamu pesan dan hangatkan saat ingin memakannya nanti di sepertiga malam.

Barapi Meat and Grill bisa menjadi alternatif paling pas dalam menyiapkan hidangan sehat, enak, dan murah. Berbagai macam menu steak halal akan membuat momentum sahurmu semakin isitimewa. Yuk semangat beribadah dan istiqomah menjadi diri yang lebih baik ^^


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.