• restoran steak jakarta

Barapi Tips: Ingin Ajari Anak Berpuasa Sejak Dini? Berikut 6 Cara Kreatif Patut Dicoba

Barapi Meat and Grill Mengucapakan Marhaban Ya Ramadhan

Ramadhan tiba Ramadhan tiba! Semua umat muslim tentu senang menyambut bulan suci ini, bahkan termasuk anak-anak. Meski anak yang belum puber tidak diwajibkan berpuasa di bulan Ramadhan, tidak ada salahnya mengajarkan anak berpuasa sejak dini agar lebih siap saat wajib berpuasa.

Meski antusiasme anak-anak untuk berpuasa cukup tinggi, namun dalam perjalanannya sangat sulit bagi anak-anak muda untuk menjalaninya selama sebulan penuh. Nah, bagi kita para orang tua yang ingin mengajari anaknya berpuasa di bulan Ramadhan, berikut tips dan cara kreatif dari Barapi Meat and Grill yang bisa kita aplikasikan. Bagaimana melatih anak yang berpuasa?

Ajari Anak Secara Perlahan Hikmah Puasa dan Tradisi Uniknya

Jangan lupa, sembari mengajar berpuasa, para orang tua juga harus perlahan-lahan mengajarkan tentang manfaat dan makna puasa, kebaikan bulan Ramadhan, dan berbagai hal lainnya agar si kecil paham mengapa ia perlu berpuasa. Kenalkan juga si kecil berbagai tradisi selama bulan Ramadhan seperti taraweh, ngabuburit, dan lainnya agar ia semakin tertarik untuk belajar berpuasa.

Mulai dari Puasa Setengah Hari

Bagi anak kecil memang tidak mudah, tentunya tiba-tiba harus berpuasa satu hari penuh. Agar anak kita tidak kaget, ajari mereka untuk berpuasa bertahap. Ini bisa dilakukan dengan berpuasa selama setengah hari terlebih dahulu. Si kecil bisa belajar berpuasa setelah subuh hingga waktu makan siang. Lakukan ini selama beberapa hari. Jika si kecil sudah siap, orang tua bisa secara bertahap menambah durasi puasa.

Agar kecukupan gizi Si Kecil tercukupi, pastikan kami memberikan asupan yang bergizi seperti makanan yang kaya protein, vitamin dan susu untuk tumbuh kembang anak. Susu tetap dibutuhkan saat anak belajar berpuasa. Dengan demikian, perkembangan tubuhnya akan terus berjalan dengan sempurna. Untuk susu, kita bisa memberi susu pada anak saat sahur, berbuka dan malam.

Mulailah dengan Puasa Ngemil

Cara mengajari anak berpuasa juga bisa dimulai dengan berpuasa makanan atau jajanan tertentu yang disukai si kecil. Misalnya, jika anak kita menyukai permen, biskuit, kue atau makanan seperti chicken nugget dan sosis, ajari anak kita untuk tidak makan makanan favoritnya selama bulan puasa. Kurangi pilihan makanan secara perlahan hingga si kecil terbiasa dan dapat mencoba berpuasa sepenuhnya.

Jadilah Teladan dan Teladan yang Baik

Biasanya anak selalu mengikuti kebiasaan orang tuanya. Untuk itu, kita harus menjadi contoh dan panutan yang baik. Selalu dampingi si kecil untuk memberinya dukungan agar ia mampu menyelesaikan puasanya.

Ciptakan Kegiatan Ngabuburit Asyik

Salah satu cara agar si kecil bisa belajar berpuasa dengan lebih baik adalah dengan mengalihkan perhatiannya dari makanan dan minuman sambil belajar berpuasa. Lakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama si kecil mulai dari bermain game, hingga membaca Alquran agar si kecil tidak terlalu memikirkan puasa yang ia jalani.

Siapkan Makanan Favorit Untuk Berbuka Puasa

Sebagai bentuk motivasi dan apresiasi untuk mau belajar berpuasa, kita bisa menyiapkan makanan favorit si kecil saat berbuka puasa. Jika perlu libatkan anak dalam memilih menu buka puasa dan juga proses persiapannya agar si kecil termotivasi untuk menyelesaikan puasanya di hari itu.

Menu Sahur dan Ngabuburit Enak ala Barapi Meat and Grill

Nah, sudah tahu kan tips kreatif yang bisa kita coba terapkan? Seringnya, kita malas menyiapkan menu berbuka maupun sahur. Tentu, sesekali kita boleh membeli menu ready to cook dari pada harus memasak. Salah satu yang bisa kamu coba adalah steak halal enak dan murah yang siap disajikan dari Barapi Meat and Grill.

Restoran steak halal ini menghadirkan berbagai menu pilihan dari beefsteak, wagyu premium, maupun chicken steak. Kamu bisa memesan secara online melalui Go Food, Grab Food, maupun Shopee Food. Atau, kamu juga bisa memesan via WhatsApp menghubungi nomor official Barapi.

Makan daging saat bulan Ramadhan tentu memiliki peran penting untuk menjaga nutrisi tetap seimbang. Daging akan membantu tubuh untuk tetap bugar dan tidak lesu, apalagi untuk kamu yang sering menjalani hari-hari tanpa semangat alias lesu. Memasak steak di rumah dengan menu Barapi ready to cook akan membuat kegiatan di rumah lebih menyenangkan. Kita bisa memasaknya bersama anak-anak saat menyiapkan sahur maupun berbuka. Yuk semangat jalani ibadah puasa dan ajak anak mengenali pentingnya berbagi ^^


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.