• restoran steak jakarta

Anak Susah Makan? Coba Ikuti 10 Langkah Ini Deh

Hampir semua Moms di dunia pasti pernah mengalami sebuah masalah yang sama. Yup! Apalagi jika bukan masalah anak yang susah makan. Padahal, anak pun perlu banget makan teratur untuk perkembangan tubuhnya seklaigus juga pemenuhan nutrisi dan gizi harian. Nggak jarang, masalah ini cukup membuat Moms stress ya.

Well, jika kalian saat ini kebetulan sedang merasakan hal tersebut, sabar ya Moms, dan jangan pernah menyerah. Kebetulan banget nih, kali ini mimin bakal share 10 langkah yang mungkin bisa Moms terapkan untuk membuat anak kembali doyan makan. Apa aja? Simak ulasan berikut ya!

#1 Tetap Sabar Moms dan Jangan Jadikan Waktu Makan sebagai Momen Pertengkaran

Menghadapi anak yang pemilih makanan memang seringkali membuat orang tua kesal. Tapi, sebisa mungkin Moms harus tahan emosi dan jangan sampai membuat momen makan menjadi ajang pertengkaran. Semakin buruk lagi jika Moms malah memaksa anak untuk memakan makanan yang tidak ia suka. Langkah ini memang sulit sih, tapi memang harus ekstra sabar menghadapi masalah anak seperti ini sambil tetap  berusaha mencari penyebab dan solusinya.

#2 Buat Catatat Terkait Apa Aja yang Dimakan si Kecil dalam Sehari

Moms bisa juga loh melakukan riset kecil dengan mencatat semua makanan yang masuk ke mulut si kecil selama seharian. Bisa aja, si kecil menolak makan besar di jam makan normal karena sudah merasa kenyang setelah menyantap camilan. Buat catatan kecil aja terkait camilan atau makanan apa aja yang sudah si kecil konsumsi selama seharian penuh.

#3 Siapkan Camilan Sehat Tinggi Kalori untuk si Kecil

Jika si kecil masih sering menolak makan makanan inti di jam makan normal, maka moms bisa mensiasatinya dengan menyiapkan camilan kesukaan si kecil. Tapi, perlu diperhatikan camilannya. Camilan tersebut setidaknya harus camilan sehat yang tinggi kalori dan banyak mengandung zat-zat baik yang diperlukan tubuh si kecil.

#4 Rencanakan Menu dan Buat Bervariatif

Penolakan anak terhadap makanan bisa jadi ia merasa bosan dengan makanan yang biasa Moms siapkan. Coba deh untuk merencanakan menu untuk si kecil dan buat se-variatif mungkin. Tentu, alangkah baiknya jika memilih makanan yang memang si kecil suka.

#5 Konsultasikan dengan Orang yang Berpengalaman

Para ibu-ibu muda nggak perlu sungkan jika harus sharing masalah ini kepada orang tua, kakak, teman-teman atau mungkin hubungi dokter anak ataupun ahli gizi kepercayaan yang sudah tentu lebih berpengalaman dari kita. Moms bisa ke dokter dan menceritakan segala permasalahan sekaligus dengan usaha yang Moms sudah lakukan.

#6 Jangan Suruh anak Makan

Sesekali, Moms bisa loh mencoba sebuah taktik dengan tidak menyuruhnya makan sama sekali dalam sehari penuh. Anak seringkali melakukan hal yang berkebalikan dari yang orang tua perintahkan, jadi coba aja untuk tidak menyuruhnya makan.

#7 Turuti Kemauan Anak

Moms mungkin ingin si kecil bisa makan sesuai dengan jam dan menu yang sudah Moms siapkan dan pastinya sudah pas aturan 4 sehat 5 sempurna. Tapi nggak jarang anak menolak dan meminta untuk makan satu jenis makanan tertentu. Jangan ditolak, dituruti saja Moms. Tapi pastikan agar si kecil tidak melakukan hal yang sama setiap hari.

#8 Beri Suplemen

Boleh juga jika menambahkan suplemen atau vitamin makanan untuk si kecil. Moms bisa pilih suplemen yang rasanya enak dan tentunya anak-anak suka seperti sirup rasa buah atau permen jeli. Pastikan juga Moms sudah berkordinasi dengan dokter.

#9 Berikan Contoh

Nah, disamping mencari-cari sumber masalah anak susah makan dari sisi si anak, coba sesekali lihat kebiasaan makan Moms dan ayah dirumah. Daripada menyuruh anak makan, alangkah baiknya memberikan mereka contoh. Bisa juga dengan mengajak anak makan bersama-sama dengan menu yang sama. Artinya, jika Moms meminta anak makan wortel, Moms dan ayah juga harus makan wortel juga.

#10 Jangan membanding-bandingkan

Moms sekali lagi wajib banget sabar dan nggak memperdulikan komentar orang lain yang mengatakan si kecil kurus ataupun merasa sedih ketika melihat anak lain bisa makan dengan lahap. Jangan sampai deh, tindakan membanding-bandingkan itu justru membuat anak tertekan.

Sesekali, Moms bisa juga mengajak anak untuk makan di luar. Bisanya, anak akan sangat senang dan excited ketika makan di luar terlebih ketika melihat sejumlah makanan yang beda dari yang biasa dia makan di rumah.

Untuk rekomendasi restoran enak di Jakarta, Barapi Meat and Grill bisa jadi solusi yang tepat untuk itu. Lokasinya yang cozy, nyaman banget jika digunakan untuk makan bersama keluarga dan si kecil. Restoran steak ini menyajikan berbagai varian menu steak yang nggak Cuma nyaman untuk orang dewasa konsumsi tetapi juga anak-anak.

 

Prime Steak for Everyone!

Oleh: Fithrotul Izzah, source diambil dari theAsianparent.com


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.