• restoran steak jakarta

5 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Adha Saat Di Rumah Aja

5 Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Adha Saat Di Rumah Aja

Sunnah Idul Adha Saat di Rumah Aja

Tahun ini, pemerintah telah menetapkan 1 Dzulhijjah 1442 H atau Idul Adha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Sholat Idul Adha merupakan sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam. Ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan sebelum shalat Idul Adha, mulai dari memperbanyak takbir hingga tidak memotong kuku.

Meski harus di rumah saja, kamu tetap bisa melaksanakan sholat Id baik berjamaah atau sendirian loh. Ada beberapa hal yang dilakukan Nabi SAW sebelum melaksanakan shalat Idul Adha.

Dikutip dari kitab Fiqh Sunnah 2 karya Sayyid Sabiq, Barapi Meat and Grill akan mengajak teman-teman semua untuk melaksanakan sunnah. Yuk langsung intip sunnah yang bisa dikerjakan di rumah saat pandemi ^^

Mandi Sebelum Berangkat Ke Tempat Sholat

Sebelum melaksanakan salat Idul Adha, sunnah untuk mandi terlebih dahulu. Sebagaimana disebutkan dalam riwayat Ibnu Majah, “Bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.” Bacaan niatnya adalah sebagai berikut:

Nawaytul wusla li’aydil adh-ha sunnatan lillahi taala

Artinya: “Saya niat mandi untuk menghadiri shalat sunnah Idul Adha karena Allah taala.”

Meski merayakan Hari Raya Idul Adha di rumah saja, tetap kamu harus mandi ya, jangan malah malas-malasan karena mager.

Kenakan Pakaian Bersih, Rapi dan Wewangian Terbaik

Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Nabi SAW memakai pakaian yang paling bagus dan memakai wewangian ketika hendak melaksanakan shalat Idul Fitri. Baik salat Idul Fitri maupun Idul Adha. Tentu, sunnah ini tetap berlaku meski kamu merayakan hari raya di rumah saja ya ^^

Disebutkan dalam riwayat Jabir bin Abdillah ra, “Rasulullah memiliki jubah yang sangat bagus yang selalu ia kenakan pada dua hari raya Idul Fitri dan Jumat.” (HR. Ibn Abdil Bar dan Ibn Khuzaimah).

Selain itu disebutkan juga dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al Hakim, dari Al Hasan bin Ali ra. Cucunya berkata: “Rasulullah (SAW) menyuruh kami memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki di dua hari raya.” (HR.Al-Hakim).

Jangan Makan Sebelum Salat Idul Adha

Pada hari Idul Adha, umat Islam diperintahkan untuk menunda makan sebelum berangkat shalat Idul Adha dan hanya memakan daging kurban setelah shalat Idul Adha. Hal ini berbeda dari sunnah Idul Fitri yang menyarankan makan sebelum berangkat sholat Ied.

Diriwayatkan oleh Budairah bahwa Nabi SAW tidak berangkat pada hari Idul Adha sebelum makan terlebih dahulu dan beliau tidak makan pada saat Idul Adha kecuali setelah pulang (dari shalat Idul Adha).

Perbanyak Takbir Saat Menuju Tempat Sholat

Takbir pada hari Tasyriq tidak terbatas pada waktu-waktu khusus, tetapi berlaku untuk semua waktu pada hari-hari tersebut.

Diriwayatkan dalam Bukhari, Umar ra membacakan takbir dalam khutbahnya di Mina dan kemudian orang-orang di masjid mendengarnya dan mereka mengikuti takbirnya, bahkan orang-orang di pasar membaca takbir bersama-sama sehingga bergemuruh di Mina.

Saat kamu sholat di rumah, kamu bisa tetap membaca takbir sembari melangkahkan kaki ke mushola. Takbir tentu akan membuat hati lebih tenang apabila dibaca dengan khusyuk.

Jangan Memotong Kuku dan Rambut Sebelum Berkurban

Selain lima sunnah di atas, disebutkan dalam sebuah hadits bahwa tidak boleh memotong kuku dan rambut sebelum shalat Idul Adha, tepatnya sebelum berkurban. Sunnah ini hanya berlaku untuk kamu yang berniat berkurban ya.

“Barangsiapa yang ingin berkurban dan ketika telah memasuki awal Dzulhijjah (1 Dzulhijjah), maka janganlah dipotong rambut dan kukunya hingga ia berkurban.” (HR.Muslim).

Terkait dengan hal tersebut, sebagian ulama berpendapat bahwa larangan tersebut berlaku bagi orang yang ingin berkurban di hari Idul Adha. Sedangkan Imam Syafii berpendapat bahwa memotong kuku dan rambut adalah makruh.

Nah, itu tadi sederet sunnah yang bisa kamu lakukan saat Idul Adha meski di rumah saja. Jangan jadikan PPKM Darurat sebagai alasan kamu bermalas-malasan dan kehilangan momen istimewanya ya.

Barapi Meat and Grill Mengucapkan Selamat merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H ^^


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.