• restoran steak jakarta

Alasan Mengapa Memotong Daging Harus Berlawanan Arah Serat

Alasan Mengapa Memotong Daging Harus Berlawanan Arah Serat

Manfaat Memotong Daging Berlawanan Arah Serat

Apakah kamu steak lover sejati? Kalau iya, kamu pasti tahu kalau kebanyakan chef atau tukang masak memotong daging dengan berlawanan arah dari serat. Tapi mengapa demikian? Pastinya, ada rahasia yang harus dikuak karena cara memotong ini bisa memberikan dampak penting untuk hasil akhir steak.

Barapi Meat & Grill akan menjelaskan secara singkat mengapa memotong daging secara berlawanan arah dengan butiran serat itu penting. Langsung saja cek this out!

Apa itu Serat Daging dan Butirannya?

Serat atau butiran daging mengacu pada arah serat otot terletak pada potongan daging kamu. Serat otot memiliki tekstur tangguh karena mendukung gerakan hewan. Hal pertama yang ingin kamu lakukan adalah mencari butiran serat dengan melihat garis arah mana yang bergerak melintasi potongan daging kamu.

Kamu dapat melihatnya pada potongan matang dan mentah, dan mereka menyerupai garis-garis panjang. Namun, jangan biarkan tanda panggangan atau karakter mengganggu kamu. Serat kurang lebih berjalan secara vertikal dari atas ke bawah atau horizontal ke samping.

Serat Daging Menunjukkan Kualitas

Sebenarnya, bukan hanya bagian potongan daging yang menentukan keempukannya, tetapi juga cara kamu memotong daging. Mencegah daging kamu menjadi kenyal membutuhkan bercak biji-bijian. Seperti yang Barapi Meat & Grill sebutkan di atas, serat otot itu keras. Meskipun gigi kamu dapat mematahkannya, melakukannya membutuhkan banyak mengunyah. Dan kamu tahu berapa banyak orang yang cenderung membenci steak kenyal.

Pisau  yang tajam dapat membuat jaringan itu bekerja dengan cepat. Bagaimana? Dengan memotong melawan, atau tegak lurus terhadap, biji-bijian serat. Tujuan mengiris melawan serat adalah untuk mengurangi panjang serat otot agar lebih mudah dikunyah. Belum lagi, teknik ini mengunci tekstur juicy dari daging agar tidak hilang.

Cara Memotong Daging Melawan Serat

Setelah kamu menemukan butirannya, iris tegak lurus seperti yang diilustrasikan. Cara yang baik untuk melakukannya adalah dengan membayangkan memegang seikat spageti kering dan kemudian melihat ke bawah ke atas. Sekelompok lingkaran kecil yang disatukan adalah apa yang ingin kamu capai dengan sepotong daging yang dipotong dengan benar.

Alih-alih potongan panjang, kamu akan mendapatkan banyak paket jaringan yang lebih kecil. Pemotongan sejajar dengan butiran akan memberi kamu apa yang tampak seperti seikat mie spageti dilihat dari samping.

Tidak Semua Butiran Serat Daging Itu Sama

Karena ada begitu banyak potongan daging yang berbeda, butirannya tidak akan sama di setiap daging. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengetahui seperti apa biji-bijian itu dan dapat menemukannya.

Misalnya, satu steak sayap mungkin menampilkan butiran serat yang mengalir dari atas ke bawah sementara yang lain memilikinya dari kiri ke kanan. Pemotongan lainnya umumnya akan memberikan biji-bijian yang sama setiap saat. Saat mengiris T-bone, yang dipotong dari pinggang pendek sapi, pastikan pisau kamu tegak lurus dengan tulang.

Ketebalan Irisan Juga Penting

Jika kamu menginginkan potongan daging yang empuk, ketebalan irisan sama pentingnya dengan memotong serat. Serat otot berjalan sejajar satu sama lain, jadi memotong irisan tebal melawan serat masih menyisakan sejumlah besar otot yang sulit untuk dikunyah. Jika kamu ingin menghindari ini, jaga agar irisan kamu setipis mungkin.


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.