• restoran steak jakarta

6 Makanan Khas Indonesia untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

6 Makanan Khas Indonesia untuk Merayakan Hari Kemerdekaan

Makanan Khas Agustusan

Agustus dikenal sebagai momen bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Karena pada bulan ini, tepatnya pada tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kemerdekaan. Perayaan ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, lomba, atau syukuran dengan menyajikan berbagai macam makanan khas Indonesia.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan khas Indonesia yang biasanya hadir saat perayaan Hari Kemerdekaan? Berikut Barapi Meat & Grill akan memberikan inspirasi mengenai beberapa makanan khas Indonesia untuk merayakan 17 Agustus. Sudah siap untuk masak yang enak-enak?

Nasi Tumpeng

Sajian kuliner ini sudah sering muncul dalam berbagai macam perayaan, termasuk perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus. Sebab, nasi tumpeng memiliki makna sebagai ungkapan rasa syukur setelah menorehkan prestasi.

Nasi yang disajikan dalam bentuk tumpeng dan menjulang ini biasanya ditemani berbagai lauk pauk seperti potongan ayam goreng atau ayam suwir, tempe, perkedel, sambal goreng, dan telur dadar. Umumnya nasi tumpeng memiliki warna kuning, namun dalam perayaan HUT RI, nasi tumpeng juga bisa disajikan dengan warna merah putih lho.

Ayam Goreng Paniki

Kuliner khas Indonesia selanjutnya berasal dari kota Manado. Ayam goreng paniki biasanya menggunakan ayam kampung yang kemudian diolah dengan berbagai bumbu seperti jahe, daun jeruk, santan, serai, dan berbagai bumbu lainnya.

Klepon Merah Putih

Jika umumnya klepon berwarna hijau, pada perayaan HUT RI, kue tradisional khas Jawa Tengah ini hadir menyerupai warna bendera Indonesia yaitu merah putih. Oleh karena itu, suasana kemerdekaan juga semakin terasa. Meski berwarna merah putih, rasanya tetap sama seperti klepon pada umumnya.

Kue Bambu Runcing

Selain makanan berat, beberapa jajanan juga kerap disajikan dalam perayaan Hari Kemerdekaan. Sesuai dengan namanya, penganan ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan bambu runcing.

Selain itu, kue ini memiliki asal yang cukup unik. Pasalnya, bolu bambu runcing sebenarnya merupakan modifikasi dari kue dadar gulung yang kemudian dibentuk menyerupai bambu runcing kemudian dipadukan dengan santan dan pisang. Untuk lebih menggambarkan suasana kemerdekaan, kue bambu runcing biasanya akan dipesan bersama jus merah putih.

Nasi Tiwul

Jika umumnya nasi berasal dari nasi, makanan yang satu ini terbuat dari singkong yang dihaluskan dan memiliki tekstur yang lembut. Tiwul mudah ditemukan di daerah Jawa, seperti di Wonogiri, Pacitan, Gunung Kidul, dan sekitarnya. Konon makanan ini mengingatkan pada perjuangan rakyat Indonesia pada masa penjajahan yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli beras.

Rujak Natsepa

Jika sudah membahas makanan berat dan cemilan manis, makanan yang berasal dari Indonesia Timur ini memiliki rasa asam manis yang berpadu menjadi satu dengan bumbu rujak yang kental. Nah itulah makanan khas Indonesia yang biasa dihidangkan untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

Well, sangat menggugah selera ya semua makanan khas Hari Kemerdekaan di atas. Kalau kamu, suka yang mana nih? Meski harus merayakan Hut RI di rumah aja, kamu tetap bisa membuatnya terasa bermakna dan berkesan. Dan tentunya, tidak ada yang lebih berkesan daripada makanan yang menenangkan lidah, perut, dan moodmu.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-76!


Leave A Response

Barapi Meat & Grill

Barapi Meat & Grill menyajikan menu steak kualitas premium bermutu tinggi, burger, hotdog dan berbagai macam menu serba panggang (grill) yang segar dan lezat, dengan mengutamakan layanan dari hati, dan dikemas dalam suasana yang nyaman.

 

Jl. Rawabelong No.3 RT.02 RW.03 Kelurahan Sukabumi Utara Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Phone (021) 53668449. Email info@barapigrill.com. Barapi Meat & Grill is owned and managed by PT MAHAWIRYA MAKMUR SENTOSA.